K-Drama Pinocchio

Sumber: http://asianwiki.com/Pinocchio_(Korean_Drama)

  • Drama: Pinocchio
  • Hangul: 피노키오
  • Sutradara: Jo Soo-Won
  • Penulis Naskah: Park Hye-Ryun
  • Network: SBS
  • Episode: 20
  • Rilis: November 12 - January 15, 2015
Hasil gambar untuk drama korea pinocchio
Ha Myung dan In Ha . Sumber: google.com
"Apakah kau tidak tahu? Kepura-puraanmu membuatku terlihat menyedihkan."- In Ha
Saat menulis ini saya masih mesem-mesem karena masih ingat episode terakhir drama Korea Pinnochio. Drama dengan total dua puluh episode ini berhasil mengaduk-aduk hati dan pikiran saya. Sebenarnya drama ini tayang sejak bulan November 2014 di Korea. Dilansir dari allkpop.com, rating yang didapat cukup bagus. Saya sudah menyimpan file ini sejak beberapa bulan yang lalu, tapi baru sempat ditonton. Dan hasilnya.... tada! Saya nggak kalah alay seperti saat nonton drama My Love From The Star.
Image result for keluarga dal po
Ganteng :")
Hasil gambar untuk drama korea pinocchio
Sumber : google.com
        
Secara garis besar, drama ini menampilkan dunia media masa. Konflik yang dihadirkan merupakan permasalahan sosial. Sejak menonton drama ini, saya jadi mikir dua kali. Saya pernah bercita-cita ingin jadi jurnalis, tapi... ah. Nggak jadi. Hahahaha. Cerita ini diawali dengan memunculkan kehidupan sebuah keluarga bahagia. Ki Ha Myung, merupakan anak bungsu dari keluarga itu. Dia merupakan anak laki-laki yang sangat cerdas, dia bisa menghapal apapun dengan mudah. Ia memiliki seorang kakak, Ki Jae Myung. Usianya berbeda tiga tahun. Ibunya seorang ibu rumah tangga, dan ayahnya seorang pemadam kebakaran. Dalam episode ini menampilkan keluarga kecil yang harmonis.
Image result for keluarga dal po
Ha Myung kecil

Tetapi kebahagiaan mereka hancur ketika ayah mereka dituduh menjadi penyebab kematian beberapa orang anggotanya ketika berusaha memadamkan kebakaran sebuah pabrik. Ia juga dituduh bersembunyi dari kesalahannya. Sejak saat itu, keluarga mereka hancur. Mereka diteror dengan pertanyaan-pertanyaan dan pernyataan wartawan yang membuat keluarga mereka semakin terpuruk. Mereka tidak terima dengan pernyataan wartawan. Saat Ki Jae Myung pergi untuk melakukan wawancara klarifikasi, Ibu dan Ki Ha Myung memutuskan untuk bunuh diri. Konflik kekeluargaan dalam drama ini terasa begitu menyedihkan. Di sisi lain, media juga begitu ganas membuat hidup orang lain hancur berantakan karena berita yang tidak akurat dan faktual. Semuanya direkayasa oleh orang yang berkepentingan.

Rupanya, Ki Ha Myung tidak tenggelam di lautan. Dia selamat dan diadopsi oleh seorang kakek yang tinggal di sebuah pulau. Ia diberi nama Choi Dal Po, karena nama itu merupakan nama anak pertamanya yang meninggal 40 tahun lalu. Choi Dal Po memiliki adik yang sudah menikah—Choi Dal Peng—dan memiliki seorang anak perempuan bernama Choi In Ha. Akhirnya mereka hidup bersama meskipun awalnya Choi Dal Peng menolak keberadaan Ha Myung di keluarga mereka.

In Ha dan Dal Po pun tumbuh dewasa bersama-sama. In Ha memiliki sindrom pinokio yang membuatnya tidak bisa berbohong. Dia akan cegukan ketika berbohong, dan hal itu menyulitkannya untuk meraih cita-cita sebagai reporter. Dal Po menyukai In Ha, tetapi dunianya seakan runtuh ketika mengetahui bahwa ibu In Ha adalah Sung Cha Ok (wartawan yang memberitakan kebohongan bahwa ayah Dal Po adalah penyebab kematian anggota pemadam kebakaran). Sejak saat itu, sikap Dal Po pada In Ha berubah, bahkan sampai mereka tumbuh menjadi anak SMA.

Dunia benar-benar terasa sempit dalam drama ini. Konflik yang dihadirkan juga cukup rumit, terutama ketika menyangkut cinta, kebencian, dan keluarga. Dal Po mencintai In Ha, tetapi ia harus membalas dendam pada Sung Cha Ok. Selain itu Dal Po juga harus mengungkap kebenaran sebuah kasus pembunuhan, tetapi ternyata tersangkanya adalah Ki Jae Myung. Di sisi lain, Seo Bum Joo, seorang anak orang kaya ( Presdir Park) diam-diam menyukai In Ha. Ia mengenal In Ha lewat ponsel yang ditinggalkan Sung Cha Ok ketika bertamu ke rumahnya.

Konflik semakin rumit ketika Bum Joo menemukan fakta-fakta bahwa orang yang bertanggung jawab atas kematian ayah Dal Po adalah ibunya sendiri (Presdir Park). Ia seakan-akan berperang dengan dirinya sendiri untuk menerima kenyataan.
Hasil gambar untuk drama korea pinocchio
sumber: dramaok.blogspot.com


Menurut saya, drama ini memang layak mendapat rating yang bagus, selain karena memang memiliki jalan cerita yang menarik dan menghibur, pesan-pesan yang disampaikannya pun bagus. Drama ini menghadirkan tokoh Dal Po yang berkepala dingin. Ia dapat  menyelesaikan masalah dengan apik. Ia juga cerdas dan bertanggung jawab. Meski pun ada kebencian di dalam hatinya, ia menggunakan kebencian itu untuk mengungkap kebenaran, tidak hanya semata-mata balas dendam. Drama ini mengajarkan bahwa kamu tak pernah tahu, apa yang kamu katakan hari ini bisa saja menamparmu dengan keras di kemudian hari. Jadi, jaga lisan ya! 

Ada pula beberapa adegan favorit saya, yaitu ketika mereka menjalani training di kantror polisi. Adegan menyelidiki kasus terlihat seperti menyenangkan. Tapi ada pula beberapa adegan yang kurang saya sukai. Dalam drama ini banyak adegan menangis, sehingga tokoh-tokoh yang awalnya tangguh, ternyata cengeng haha. Tapi, memang itu menyangkut keluarga sih. Selebihnya, drama ini seru! Apalagi pemeran utamanya si tampan Lee Jong Suk :") 
Image result for keluarga dal po
sumber: google.com


"Kebahagiaan yang berasal dari kebohongan tidak akan bertahan lama. Mungkin dia akan tetap bahagia jika tidak mengethaui kebenarannya. Bahkan jika kau menyembunyikan ketakutanmu atau menutup mata atas hal yang mengejutkan, melupakan kebenaran tak akan menyelesaikan masalah."- Ki Ha Myung

Komentar