Detik-Detik Menuju UN 2013





                Huwaaaaa gila! UN bentar lagi guuuuyyyyyssss!!! Tinggal beberapa hari lagi kita bakal berjuang untuk 3 tahun. Emang sih gila juga ya kalo dipikir-pikir. 15 April-18 April 2013 bakal jadi hari yang bersejarah. Empat hari itu bisa ngalahin 3 tahun belajar.
                Ngomong-ngomong masalah UN, udah ada persiapan apa aja nih? Aku mau kasih tips and trik untuk menghadapi UN ala ismi hehehe. Semoga bermanfaat yaaaa.
1.       Belajar yang giat. Itu udah jelas kan ya... dimana-mana, kalo kita pengen dapet nilai yang bagus belajar harus giat!
2.       Buka lagi buku lama, terus kerjain soal-soalnya. Guys! Aku tahu, yang namanya flashback itu menyebalkan! Wkwkw. Tapi masalah belajaaaaar? Waaaah flashback itu penting—banget— karena apa? Karena kita bisa mempelajari lagi soal-soal yang lupa. Bisanya soal UN itu diambil dari pelajaran kelas 1 juga. Iya kan?
3.       Perbanyak belajar bareng temen. Belajar sendiri itu kadang boring. Bener nggak? Selain itu kalo ada soal yang tiba-tiba kita nggak ngerti, jadi stuck dan males lanjut belajar kan? Nah.. Solusinya itu perbanyak deh belajar bareng temen. Oke, meski pun terkadang intinya bukan belajar bareng malah ngerumpi, tapi kalo niatnya emang bener buat belajar, pasti bener kok! Aku saranin belajar barengnya juga dari jauh-jauh hari. Jangan H-3 baru belajar bareng. Ya kewalahan lah kitanya.
4.       Beli buku sukses UN atau download bank soal dari internet. Sebenernya aku menganjurkan beli buku sukses UN bukan berarti menjamin kalian lulus lho ya... Tapi... maskudnya beli buku itu tuh biar kita banyak mengerjakan soal. Kan apapun itu bisa karena terbiasa, nah termasuk mengerjakan soal. Semakin banyak soal yang kita kerjakan, jadi semakin banyak bekal kita buat UN nanti. Atau kalian bisa downloan bank soal di internet. Tinggal googling :D
5.       Persiapkan alat tulis yang baik dan benar. Hahaha. Yang ini kedengeran konyol. Tapi percaya deh, kalian harus memperhatikan ini, karena kalo salah pake pensil bisa fatal!
6.       Refreshing. Yang ke 6 ini juga nggak kalah penting. Setelah mumet-mumetan belajar, pasti butuh pencerahan kan? Bawa dirimu jalan-jalan. Asal jangan kejauhan soalnya harus tetep jaga kesehatan! Jadi keliling-keliling di mall atau taman juga udah cukup.
7.       Berdo’a. Setelah belajar semaksimal mungkin diiringi pensil yang benar *ini apa*.  Yang ini nggak boleh terlewatkan. Yup! Doa itu segalanya! Jangan lupa untuk shalat 5 waktu bagi yang muslim, bagi yang bukan muslim berdo’alah sesuai kepercayaan masing-masing. Selain meminta ridho Allah SWT, kalian juga harus meminta doa kepada orangtua dan guru. Karena do’a orang tua itu kuat. Apalagi dari Ibu dan Bapak.

Itu dia tips ala ismi nyaaaaa. Simple dan mudah kan? Selamat menempuh UN yaaa. Semoga diberi kelancaran, ketenangan, dan kemudahan oleh Allah SWT. Hati-hati ketika memisahkan LJUN dengan soal. Katanya tahun sekarang keduanya bersatu. Nggak usah khawatir dengan 20 paket. Karena kalo kita udah belajar semaksimal mungkin, insya Allah bisa. Aamiin.
Ingat! Jangan langsung percaya sama yang namanya kunci jawaban! Karena belum tentu bener. Kunci gembok aja kadang ketuker, apalagi kunci jawaban kan? Hahaha.

Komentar

Posting Komentar